Selasa, 02 Oktober 2012

kebijakan fiskal


Kebijakan fiskal (kebijakan Anggaran)
A.Pengertian kebijakan fiskal :
Kebijakan fiskal adalah kebijakan penyesuaian di bidang pengeluaran dan penerimaan pemerintah untuk memperbaiki keadaan ekonomi. Tindakan yang dilakukan adalah mengatur pengeluaran dan pemasukan negara.

B. Tujuan kebijakan fiskal
Kebijakan ini bertujuan untuk memperbaiki keadaan ekonomi mengusahakan kesempatan kerja (mengurangi pengangguran ), dan menjaga kestabilan harga-harga secara umum . Dengan kata lain,kebijakan fiskal mengusahakan peningkatan kemampuan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan cara menyesuaikan pengeluaran dan penerimaan pemerintah.

C. macam macam kebijakan fiskal
Banyak kebijakan yang dapat ditempuh pemerintah untuk memperbaiki kelesuan perekonomian negara. Dewasa ini pemerintah mengadakan dergulasi dan debirokrasi di berbagai tempat bidang dengan tujuan memperbaiki keadaan ekonomi agar tercapai tingkat pertumbuhan yang tinggi . kebijakan dergulasi dan debirokrasi merupakan bagian dari kebijakan fiskal pemerintah.Secara umum,kebijakan fiskal dapat dijalankan dengan empat jenis pembiayaan yaitu sebagai berikut.

1.   Pembiayaan fungsional
Pembiayaan pengeluaran pemerintah ditentukan sedemikian rupa sehingga tidak berpengaruh langsung terhadap pendapatan nasional. Tujuan utamanya untuk meningkatkan kesempatan kerja ( empoyment). Tokoh yang mengutarakan pembiayaan fungsional itu adalah A.P.Liner.

2.   Pengelolaan anggaran
Penerimaan dan pengeluaran pemerintah dari bperpajakan dan pinjaman adalah paket yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka menciptakan kestabilan ekonomi . tokoh yang mengemukan pendekatan ini adalah Alvin hansen.

3.Stabilisasi anggaran otomatis
Dalam stabilisasi anggaran ini diharapkan ( atau dengan sendirinya ) terdapat keseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran tanpa campur tangan pemerintah yang sengaja.

3.   Anggaran belanja seimbang
Cara yang diberlakukan dalam hal ini adalah anggaran yang disesuaikan dengan keadaan ( managed budget ). Tujuannya adalah tercapainya anggaran berimbang dengan jangka panjang.

Berikut ini adalah macam-macam aanggaran yang bisa ditempuh beberapa negara dalam mencapai manfaat tertinggi dalam mengelola anggaran.

(1)           Anggaran berimbang , pada anggaran ini diusahakab agar pengeluaran (belanja) dan pendapatan atau penerimaan sama.
(2)           Anggaran surplus , pada anggaran ini tidak semua penerimaan dibelanjakan , sehingga terdapat tabungan pemerintah.
(3)           Anggaran defisit , pada anggaran ini , anggaran disusun sedemikian rupa sehingga pengeluaraan debih besar daripada penerimaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar