Rabu, 03 Oktober 2012

Demo buruh nasional


Rabu, 03 Oktober 2012 terjadi kembali aksi demo buruh di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya. Aksi ini terjadi sejak pukul 08.00 WIB hingga sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Hal ini dipicu oleh adanya sistem outsourcing dan upah buruh yang tidak sesuai dengan kebutuhan hidup mereka. Para buruh meminta kepada pemerintah untuk menghapus sistem outsource yang menurutnya sangat merugikan buruh dan hanya menguntungkan para pengusaha saja. Mereka juga meminta agar upah minimum dinaikan rata-rata diatas dua juta rupiah.

 Beruntungnya, aksi kali ini berlangsung secara aman dan tertib walaupun di beberapa daerah sempat terjadi kericuhan Misalnya seperti  Arus lalu lintas di sejumlah kawasan di Jakarta, pada umumnya masih terpantau lancar di kawasan cikarang jawa barat pun berlangsung tertib  .Selain itu Aksi damai buruh di Jombang, Jawa Timur, misalnya, berubah ricuh setelah para pekerja yang menduduki jalan raya diminta aparat menepi. Buruh sempat menghadang kendaraan dari arah Madiun hingga memacetkan jalan. Ratusan buruh ini tak sabar menanti kedatangan perwakilan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat untuk menyampaikan tuntutannya agar diangkat menjadi pegawai tetap. Di Cilegon, Banten, unjuk rasa ribuan buruh juga diwarnai kericuhan. Buruh sempat memblokade jalan utama Kota Cilegon menuju kawasan Anyer, Merak, dan Kota Serang. Akibat aksi blokade ini, lalu-lintas di Kota Cilegon dan akses menuju Pandeglang dan Serang lumpuh selama tiga jam .  Para buruh memberikan waktu satu bulan kepada pemerintah untuk melaksanakan tuntutan mereka, atau mereka akan melakukan tindakan yang jauh lebih besar dibandingkan hari ini, yaitu dengan menutup 12 titik ruas jalan tol, 4 pelabuhan besar dan 4 bandara besar yang tentunya akan melumpuhkan kegiatan ekonomi negara. 

Terkait aksi mogok dan unjuk rasa buruh di berbagai daerah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui juru bicaranya Julian Aldrin Pasha mengimbau unjuk rasa buruh berlangsung tertib tanpa merugikan anggota masyarakat lainnya.

Selain itu, Presiden juga sudah memerintahkan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mencari penyelesaian berbagai tuntutan buruh, termasuk soal sistem kerja alih daya. "Presiden sudah menginstruksikan Menakertrans untuk bekerja seoptimal mungkin dan memfasilitasi apa yang menjadi perhatian buruh, khususnya soal outsourcing," jelas Julian.
berikut foto- foto demo di cikarang dan daerah lainnya 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar